Sejarah Perkembangan Sains Menurut Islam

Sejarah perkembangan sains secara islam menjelaskan secara harfiah perkata meliputi:

شَجَرَةٌ-syajarah = Pertumbuhan/pergerakan/perkembangan
يَوْمٌ -yaum = Peredaran
سِيْرَةٌ- siirah = Perjalanan
Sedangkan istilah "Ilmu",baik asal kata maupun makna,diambil dari:
عَلِمَ - يَعْلَمُ - عِلْماً- `alima - ya`lamu - `ilman = Mengetahui/Mengilmui
Jadi Ilmu menurut asal kata berarti = Pengetahuan

 Berbicara masalah sejarah Ilmu berarti berbicara masalah pertumbuhan, perjalanan, pergerakan, perkembangan, atau peredaran Ilmu sepanjang sejarah manusia dari dahulu hingga sekarang ini. Dan dalam membicarakan sejarah Ilmu,sekarang sekarang ini umat islam berhadapan dengan satu tantangan,Yaitu alam fikiran yang telah hidup didalam masyarakat khususnya Indonesia dan seluruh dunia pada umumnya.Anggapan tersebut menjelaskan bahwa Ilmu yang ada pada abad sekarang ini berpangkal dari YUNANI. Didalam perkembangan selanjutnya,mereka menganggap bahwa Ilmu berasal dari YUNANI hingga mencapai abad modern atau abad millenium sekarang ini,mereka mengakui juga merupakan pengaruh dari hasil perjuangan Nabi muhammad S.A.W,tetapi kalimat yang mereka pakai adalah "jasa orang arab".Yaitu kalimat "Ilmu berasal dari "yunani",diambil over dan dipraktekkan oleh Romawi yang perkembangannya mencapai Zaman modern,Yaitu setelah sepeninggalan Nabi Muhammad S.A.W melalui dua jalan:
1.Melalui Cordova
 2.Melalui Baghdad.

Kita tentu maklum bahwa Cordova dan Bagdad University didirikan dalam abad ke 8 M. Kemudian dalam kaitannya dengan runtuhnya Bani umayyah dibarat,maka Cordova sebagai lembaga Ilmu turut musnah.Begitu juga dengan perkembangan Ilmu melalui Baghdad University,dengan hancurnya Bani Abbasiyyah ,juga membawa kehancuran Baghdad University sebagai Lembaga Ilmu.

Mereka menganggap Orang Arab berjasa dalam perkembangan Ilmu atau mengambil dan memindahkan Ilmu dari Yunani melalui Romawi ke Eropa.Kesemuanya itu dianggap oleh para ahli Ilmu Zaman modern adalah melalui mulut orang arab.Dari sinilah tuduhan mereka terhadap muhammad mengenai kitab yang bernama Alquran adalah mengambil dari yunani. .

Kalimat mereka,Orang Arablah yang pertama-tama menguasai alam fikiran Yunani,juga apa yang telah dikembangkan oleh Romawi. Kemudian melalui mulut orang arab inilah yang mengandung dua jalan,Yaitu melalui Cordova dan Baghdad University,akhirnya berkembang menjadi Ilmu yang kita lihat sekarang ini Yaitu Sains/science.

Jalan yang mereka tunjuk yang merupakan kancah perkembangan ilmu adalah melalui Laut tengah mencapai Florence,yaitu Italia bagian utara.Disinilah Ilmu mendapatkan Troegval basisnya sehingga,perkembangan Ilmu di Florence pada abad menengah,yang kemudian dinamakan Renaissance(perancis) = بِعْثَةٌ-bi`tsah dalam bahasa alquran = Kebangkitan kembali.

Sebagai tanggapan bahwa Ilmu dari Yunani,maka dengan hancurnya Romawi yang dianggap suatu Imperium yang paling beradab,dianggab ilmu turut hancur.Maka cita cita mereka selanjutnya adalah membangkitkan kembali Ilmu yang telah mengendap dalam peradaban Romawi yang telah mundur,itulah yang terkandung dalam istilah Renaissance.

Tingkat selanjutnya,dari Florence,Ilmu mencapai tengah tengah daratan Eropa sehingga menemui daerah perkembangannya,yaitu yang terkenal sekarang adalah Jerman.Pada tingkat ini dinamakan "Aufklarung" yang artinya sama dengan Renanissance,tetapi zamannya berbeda. Jikalau Renaissance dianggap pada kira kira abad ke 10 sampai 14 M,namun Aufklarung dianggap telah mencapai abad ke 16 M - 17 M.Inilah yang mereka anggap SEJARAH ILMU(Saince?).

Yang perlu ditekankan disini adalah bahwa mereka mengakui bahwa Ilmu yang sekarang ini yang berkembang diEropa,asalnya mengakui bahwa Ilmu merupakan Jasa Orang Arab.Yaitu Orang arablah yang mula mula menguasai alam fikiran Yunani.Kemudian melalui mulut orang Arab inilah baru bisa ditanggapi di Eropa. Inilah tantangan yang umat Islam hadapi,sehingga kalau berbicara masalah Ilmu maka Yunanilah sebagai produsernya.Yunanilah Lampu aladinnya.

Kesimpulan para ahli pada abad 20 dapat dicerminkan pada kenyataan mereka yang sering mereka tekankan:Sesungguhnya abad ke 20,yaitu abad modern,tidak lebih maju dari mereka yang terdahulu,yaitu Yunani.Dilihat dari segi prinsipnya. Jadi dilihat dari segi prinsipnya berarti Romawi dan yunani lebih maju dari abad sekarang,yaitu abad modern.Sebaliknya,dilihat dari segi  tekhnologi,dari tekhnik maka abad modern sekarang ini,adalah lebih maju dari Yunani,dari abad produsen itu sendiri.Jadi kemajuan abad modern sekarang,dalam perkembangan Ilmu,yang menonjol bukanlah masalah prinsip,melainkan masalah tekhnik seperti yang terjadi pada forum ini.Yang ditekankan adalah tehnik.

Ciri khas dari pada alam fikiran Yunani adalah seperti yang digambarkan oleh Von Smith,yaitu mereka/Yunani mengembangkan Ilmu dalam cara berfikirnya hanya dalam dua Pola yaitu Naturalisme dan Idealisme. Berfikir secara Naturalis,dalam perkembangannya,perlu diperhatikan benar benar. Kita ambil saja contoh Heraclitos yang mula mula meletakkan cara berfikir yang Universal yaitu bersifat macro(Alam besar).Yang mereka fikirkan adalah ujud kehidupan alam semesta-->Berfikir tentang alam besar lalu menumpahkannya kedalam budaya,yaitu bahwa hidup yang beres adalah seperti alam besar/semesta.Seperti dikatakan Von smith,maka kesimpulan mereka adalah susunan individu individu atau dengan kata lain bahwa hakikat kehidupan ini adalah susunan individu individu yang bebas sebebas bebasnya sepertihalnya peredaran planet planet yang mengelilingi matahari secara individu individu yang bebas dan tidak saling berbenturan.

Sebaliknya Aristoteles dianggap sebagai bapak dari gerakan materialisme yang pola berfikirnya adalah menurut alam kecil.Kalau bahasa hadits,pola berfikirnya menurut جَسَدٌ-jasad,hasilnya adalah Collectivisme,yaitu berfikir tentang susunan sel sel tubuh yang melebur menjadi bentuk kesatuan dari berbagai lembaga.Lembaga mata,hidung,perut,anus = جَسَدٌ-jasad.Maka hidup yang beres haruslah menurut yang demikian.sebagai analogi kita ambil contoh orang yang pergi ke WC untuk buang air besar.Lembaga yang paling berkepentingan adalah lembaga Anus,namun semua lembaga,seperti mata hidung,kaki dan lain lain harus ikut serta mendukung lembaga anus.Sepertihalnya gerak yang demikian,begitulah gerak pergaulan hidup masyarakat berlangsung dengan sistem penataannya adalah sentralisme/sentralisasi.


http: Ramadhani, Danisa Wulan (2012) .http//dhanisawulanramdhani.blogspot.com/2012/02/makalah-sejarah-perkembangan-sains.html . (diakses tanggal 10 November 2012).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar